android (1) bisnis (4) blog (4) gadget (1) internet (8) komputer (1) paytren (2) website (3)

Berbagi Pengalaman Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Sampai Dapat Nomor Antrian


Masa pandemi ini semua serba sulit. Banyak perusahaan melakukan pengurangan SDM (baca PHK). teman saya, sebut saja Bunga (bukan nama sebenarnya) adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kena imbasnya.

Namun, kesulitan tidak hanya sampai itu saja. Sebagai pekerja penerima upah tentu saja Bunga mendapatkan fasilitas JHT (Jaminan Hari Tua) BPJSTK dari perusahaan dia bekerja. Namun, untuk klaim JHT tersebut tidaklah mudah. 

Karena masa pandemi, tentu saja banyak pekerja yang di PHK dan mereka pun ingin klaim JHT mereka di BPJS Ketenagakerjaan. Dan karena masa pandemi pula ada himbauan untuk tidak berkumpul. Sehingga BPJS Ketenagakerjaan pun mengurangi kuota nasabah yang hadir di kantor.

Sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan telah membuat sistem antrian online yang fungsinya untuk mengakomodasi para nasabah yang ingin klaim JHT nya. Namun, banyak nasabah BPJS Ketenagakerjaan yang mengeluh karena antrian selalu penuh. Bunga adalah salah satunya.

Bunga mencoba hampir tiap hari untuk mendapatkan antrian online, hasilnya nihil. Dicoba pagi, siang, malam maupun tengah malam hasilnya tetap nihil.

Akhirnya Bunga berinisiatif untuk bertanya ke pihak BPJS Ketenagakerjaan tentang mekanisme antrian online tersebut. 

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan, yaitu
1. Nasabah yang hendak melakukan klaim JHT harus mengisi formulir online.
2. Yang sering dikeluhkan adalah ketika memilih kantor cabang, antrian selalu penuh. Bagian ini perlu diperhatikan. Ternyata kita tidak perlu memilih kantor cabang pelayanan tempat kita bekerja atau tinggal. kita bisa pilih kantor cabang mana saja yang masih belum penuh antriannya.

3. Setelah berhasil mengirim data, sebagai tanda kita mendapat nomor antrian, kita akan mendapat email instruksi untuk penyiapan berkas yang harus dikirim via email. Jadi, berkas yang dibutuhkan harus discan.


4. Jika berkas pada nomor 3 sudah dikirim maka, pada tanggal dan jam yang telah dipilih pihak BPJS Ketenagakerjaan dari cabang yang dipilih akan menghubungi lewat Whatsapp Video Call (bisa berbeda aplikasi yang digunakan) untuk melakukan validasi.

5. Jika pengajuan klaim dianggap valid maka saldo JHT akan dicairkan ke rekening Bank yang telah dilampirkan pada poin nomor 3.

Setelah mengetahui hal tersebut di atas, Bunga mengisi antrian online. Perlu diketahui, kota tempat Bunga bekerja adalah Semarang, jadi selama ini Bunga terus mencoba mengambil nomor antrian di kantor cabang yang ada di Semarang dan selalu nihil.

Bunga mulai mencari kantor cabang secara abjad, mulai dari provinsi Bali. Setelah dicoba satu persatu, akhirnya dapat nomor antrian di propinsi Jawa Barat di kantor cabang Majalengka Jatiwangi.
Artikel ini direkomendasikan untuk anda: Aplikasi Pengirim Pesan WA Massal (Wa Blast)
Selanjutnya Bunga melengkapi berkas dan menunggu ViCall dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah sedikit cerita pengalaman dari teman saya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih

Baca Juga
Memuat...
Postingan Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Berbagi Pengalaman Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Sampai Dapat Nomor Antrian"

Posting Komentar

Komentar sobat pembaca akan dimoderasi oleh admin.
Silahkan menulis komentar cerdas yang pantas ditampilkan.
#NoSPAM #NoOOT #NoLinkActive